The Secret Message Of Dalem Sidhakarya

The Secret Message Of Dalem Sidhakarya

Sebuah buku yang mengangkat tari Wali Pajegan Sidhakarya dalam sebuah perpektif budaya dan saint . Sebagaimana diketahui tari merupakan hasil cipta, rasa dan karsa dari suatu genius local. Namun bila kita jujur dan terbuka, pada bagian mana kejeniusan suatu kearifan lokal? Maka akan didapat berbagai jawaban. Namun dalam buku ini, penulis mampu mengangkat sesuatu yang terlihat seperti biasa saja sebagaimana fragmen topeng yang sedang "memeka" atau bercermin, dikupas dengan pengetahuan kedokteran dan mind tecnology sehingga tersaji dalam komposisi yang sangat unik, otentik dan aplikatif. Apa kata mereka tentang buku ini ;

“Sidhakarya sebagai sebuah kata maupun Sidhakarya sebagai salah satu jenis tarian topeng di Bali, dua-duanya sudah biasa dalam lalu-lintas pergaulan umat Hindu. Tetapi Sidhakarya sebagai sebuah buku yang disusun dengan cara tidak biasa, ini yang belum biasa. Makanya kalau buku ini saya sebut luar biasa, itulah sebab-musababnya. Di luar dugaan, Dokter I Gusti Ngurah Putra Eka Santhosa mau dan mampu mengungkap Sidhakarya dari perspektif lain serta menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah populer yang enak dibaca dan mudah dimengerti.”

Prof. Dr. Wayan P. Windia, SH., MSi.
Guru Besar Hukum Adat, Fakultas Hukum Universitas Udayana

“Saya melihat buku ini sarat dengan informasi mengenai kultur Bali yang penuh dengan pesan spiritual dalam hidup. Dan ini bisa menjadi sebuah referensi kita semua bahwa budaya leluhur itu sangat penting buat dipahami juga dijalani. Saya sangat bersyukur akan kehadiran buku ini agar kita punya referensi yang tepat.

Sebagai umat manusia di bumi ini kadang sudah melupakan prinsip - prinsip kehidupan yang dijalani oleh leluhur kita dalam menghargai kehidupan dengan cara respect pada budaya dan kehidupan, dan saya merasakan vibrasi positif pada sosok penulis yang dalam usia relatif muda, selalu mengabdikan diri kepada sesama manusia dan Alam sekitar. Salam hormat.”

Darwis Triadi
Photografer

“Buku ini bertutur tentang filosofi kehidupan yang menekankan keseimbangan di antara laku duniawi, ilahi dan kreasi budaya sebagai satu kesatuan yang sama penting. Pesan mendalam dari nilai suci itu umumnya tersampaikan melalui narasi yang lebih verbal dalam kesenian yang merakyat.

The Secret Message of Dalem Sidhakarya tidak hanya menawarkan pandangan tentang sifat bathiniah, tetapi bagaimana pencapaian spritiual itu mampu menjadi potensi untuk menumbuhkan cipta, rasa, dan karsa manusia.”

Wayan Redika
Seniman

“Pertama kali melihat draf Buku ini, saya tahu bahwa ini merupakan sebuah karya berkelas. Penulis berhasil mentrasformasikan Balinese Wisdom menjadi Universal Wisdom yang sangat relevan untuk menjawab kegelisahan hidup manusia modern. Sebuah literasi yang layak dibaca dan dipraktekkan dalam carut marut dunia saat ini. ”

Mario Blanco
Pelukis & Photographer, Campuan Ubud Gianyar Bali


“Topeng Sidakarya sudah begitu terkenal di Bali sebagai topeng wali yang terkait dengan upacara yadnya. Buku tentang Topeng Sidhakarya juga sudah ada, namun hanya menggambarkan secara selintas saja tentang tari wali itu. Buku ini memuat hal-hal yang selama ini masih remang-remang tentang topeng sakral itu. Bukan cuma menceritakan sejarah perjalanan Brahmana Keling di Bali saja, tetapi juga tentang filosofi dari tari wali itu sendiri, bahkan ada bagian yang begitu menarik, bagaimana dikaitkannya Topeng Sidhakarya ini dengan meditasi. Suatu ulasan yang begitu lengkap dan jelas yang membuat betapa pentingnya kehadiran buku ini.”

Pandita Mpu Jaya Prema Ananda
Rohani & Penulis


Buku ini akan diluncurkan pada tanggal 22 Juni 2019, di Graha Topeng Tugek Carangsari. Buku di cetak terbatas dan ekslusif. Anda dapat memesannya dengan menghubungi Sidhakarya Center di 081338432727